9 Penemuan-Penemuan Islam yang Gemparkan Dunia

No Comments
Islam merupakan salah satu agama yang memiliki banyak ahli di berbagai bidang ilmu pengetahuan sehingga banyak penemuan-penemuan Islam yang gemparkan dunia dan telah diakui oleh para ahli dari berbagai belahan bumi ini. Banyak penemu dari umat Islam yang banyak menemukan berbagai hal yang sangat fantastis dan penemuan itu dapat membawa manfaat bagi kehidupan seluruh manusia. Apa saja penemuan-penemuan dari umat Islam?

9 Penemuan-Penemuan Islam yang Gemparkan Dunia

Inilah 9 Penemuan-Penemuan Islam yang Gemparkan Dunia
Sejak dulu banyak ahli dari berbagai ilmu pengetahuan berasal dari umat Islam dan hingga saat ini penemuan mereka telah digunakan oleh banyak orang. Apa saja penemuan itu? Berikut adalah penemuan muslim yang mengguncangkan dunia:

1. Operasi bedah
Operasi bedah telah dikenalkan oleh Al Zahrawi yaitu seorang dokter yang hidup pada 1000 tahun lalu. Beliau memperkenalkan 1500 halaman ensiklopedia tentang operasi bedah yang telah digunakannya di Eropa dan buku ini telah menjadi sumber referensi dunia kesehatan selama 500 tahun. Zahrawi menggunakan usus kucing sebagai bahan dasar benang dalam menjahit luka dan beliau telah melakukan operasi cesar serta sebagai penemu alat penjepit bedah.

2. Kopi
Kopi merupakan salah satu minuman yang banyak diminum oleh mayoritas orang seluruh dunia. Minuman ini ternyata pertama kali ada pada abad ke-9 di Yaman dan awalnya hanya digunakan untuk kaum sufi supaya tidak mengantuk pada malam hari ketika beribadah. Kemudian kopi dibawa ke Kairo dan ternyata banyak disukai oleh para pelajar dan bangsawan. Pada abad ke-13 minuman ini dibawa ke Turki dan pada abad ke-16 dibawa ke Eropa lalu ke Italia.

3. Mesin terbang
Orang yang pertama merancang mesin terbang atau pesawat terbang adalah Abbas Ibn Firnas. Pada abad ke-9 dia mencoba untuk membuat konstruksi pesawat terbang dan mencoba untuk menerbangkannya, model pesawat yang dibuatnya adalah model seperti sayap burung. Dia telah melakukan percobaan terbang di Cordoba Spanyol dan berhasil terbang tinggi namun kemudian terjatuh. Inilah salah satu penemuan muslim yang gemparkan dunia.

4. Universitas
Orang yang pertyama kali mendirikan Universitas adalah Fatima Al Firhi pada tahun 859 di Fez Maroko. Selain itu Miriam saudara Fatima juga mendirikan sebuah masjid kemudian bangunan ini memiliki fungsi ganda yaitu sebagai masjid dan sebagai Universitas Al-Qawariyin yang telah diresmikan 1200 tahun kemudian.

5. Aljabar
Aljabar merupakan sistem pemersatu untuk bilangan rasional, tidak rasional, dan gelombang magnitudo. Sistem ini sekarang ini telah menjadi landasan utama dalam ilmu matematika dan ternyata kata aljabar berasal dari judul kitab Al-Jabr Wal-Muqobala yang bersisi tentang ilmu matematika pada abad ke-9 di Persia. Kitab ini telah diterjemahkan dalam sebuah buku yaitu The Book of Reasoning and Balancing. Ini merupakan salah satu penemuan Islam gemparkan dunia yang dapat memajukan dunia ilmu pengetahuan.

6. Optik
Fisikawan muslim yaitu Ibn al-Haitham membuktikan bahwa manusia dapat melihat karena adanya refleksi cahaya yang kemudian masuk ke mata. Hal ini telah dibuktikan sekitar pada tahun 1.000 dan telah mematahkan teori Euclid dan Ptolemy yang menyebutkan bahwa cahaya berasal dari mata seseorang sendiri.

7. Musik
Musik yang sekarang ini telah membumi di dunia ini banyak berasal dari musik-musik arab dan timur tengah, bahkan ternyata nenek moyang biola yaitu lute dan rahab juga berasal dari negara ini.

8. Sikat gigi
Pada zaman Nabi Muhammad telah dipopulerkan adanya siwak yaitu alat yang berasal dari ranting pohon dan digunakan untuk membersihkan gigi. Siwak merupakan inspirasi utama dari pembuatan sikat gigi yang sekarang ini telah digunakan oleh seluruh orang dipenjuru dunia.

9. Engkol
Engkol merupakan alat yang telah ditemukan pada abad ke-12 oleh penemu Islam yaitu Al-Jazari. Sekarang ini engkol telah banyak digunakan untuk pembuatan sepeda.

Itulah beberapa penemuan-penemuan Islam yang gemparkan dunia dan telah menjadi sumber inspirasi bagi pengembangan penemuan-penemuan selanjutnya.

back to top